Begini Tips Mengajukan Pinjaman Dana Tunai Online Yang Aman

Saat kebutuhan akan finansial tiba-tiba mendesak dan kondisi keuangan sedang kosong, tentu satu hal yang menjadi pertimbangan adalah mengajukan pinjaman. Saat ini, untuk mengajukan pinjaman sudah tidak perlu ribet lagi, karena telah banyak sekali fintech online yang memfasilitasinya.

Namun, banyak pula fintech pinjaman dana online yang abal-abal dan justru berujung pada penipuan. Karena itu, ada baiknya jika Anda selalu waspada sebelum mengajukan pinjaman online ini. Begini tips aman agar Anda terhindar dari fintech pinjaman online berkedok penipuan. Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Tips Sebelum Pengajuan Pinjaman Dana Tunai

pinjaman dana tunai

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana via online, yaitu :

Perhatikan Transparansi Biaya

Satu hal yang wajib diperhatikan dalam pinjaman uang online terpercaya adalah transparansi biayanya. Karena hal ini bersifat online yang mana tidak ada tatap muka, maka kejelasan hal-hal yang krusial harus benar-benar dipahami dari awal. Hal krusial tersebut seperti proses, syarat, serta biaya-biaya lain yang dibutuhkan.

Perhatikan pula hal-hal detail seperti berapakah suku bunga jika pinjaman diajukan dalam tempo sekian, jangka waktu pinjaman itu sendiri, serta biaya-biaya admin terkait. Ini semua harus tertera secara jelas di website fintech pinjaman dana tersebut. Dalam kata lain, calon nasabah sudah bisa melihat dan memahami informasi yang penting dengan mudah dan transparan di website.

Sekarang ini banyak sekali website fintech pinjaman online yang sudah sangat transparan. Di sana disebutkan secara gamblang berapa bunganya, tenor, minimal dan maksimal jumlah pinjaman, persyaratan, dan informasi pentingnya. Namun begitu, ada pula website yang kurang jelas mencantumkan hal-hal tersebut.

Kalau begini, tentu calon nasabah jadi tidak mengerti syarat dan ketentuannya secara gamblang. Nah, demi keamanan, pilihlah fintech yang sudah transparan dan detail seperti opsi pertama, ya.

Perhatikan Persyaratannya

Salah satu alasan orang ingin mengajukan pinjaman dana online adalah karena kemudahan persyaratannya. Memang, beberapa fintech online ini memiliki persyaratan yang mudah dipenuhi, bahkan tanpa jaminan. Biasanya, calon nasabah hanya diharuskan memberikan kelengkapan dokumen seperti KTP dan foto saja.

Namun, tidak semua fintech online memberikan kemudahan persyaratan, lho! Ada beberapa yang juga mengharuskan adanya agunan atau jaminan seperti BPKP atau sertifikat. Tak hanya itu, kelengkapan dokumen juga ada yang meminta lebih detail seperti slip gaji, rekening listrik, dan sebagainya.

Jadi, pilihlah fintech yang sekiranya Anda bisa memenuhi semua persyaratan yang diajukan. Namun, jangan pula menjadikan persyaratan ini sebagai tolak ukur aman tidaknya sebuah fintech online. Tak hanya pinjaman dana jaminan KTP saja yang harus diperhatikan, tapi juga berbagai aspek penting lain seperti bunga, tenor, dan jumlah pinjaman.

Jika ingin gadai kendaraan khususnya mobil via online, biasanya ada persyaratan kendaraan yang harus dipenuhi. Misalnya, kendaraan harus dalam kondisi baik, milik pribadi, tempo yang tersisa kurang dari 12 bulan jika masih kredit, tahun terakhir minimal 2005, dan pajak yang masih hidup. Hendaknya hal ini diperhatikan sebelum mengajukan gadai.

Perhatikan Kecepatan Pencairannya

Selain persyaratan yang mudah, pinjaman dana online biasanya juga menjanjikan waktu pencairan yang relatif cepat. Klaim fintech online semacam ini memang bisa dikatakan lebih mudah dari pinjaman konvensional seperti bank. Tidak ada proses survei, pengumpulan dokumen di kantor bank, dan sebagainya.

Beberapa fintech menjanjikan uang bisa cair dalam 1 minggu. Namun, tidak sedikit juga yang menjanjikan bisa cair dalam 1 hari. Bahkan, ada juga yang menjanjikan pinjaman cepat cair dalam hitungan menit. Satu hal yang perlu diperhatikan lebih dalam khususnya bagi peminjam adalah definisi dari waktu itu sendiri.

Kadang, antara satu fintech dan lainnya berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa klaim akan cepat jika semua syarat sudah terpenuhi dan verifikasi telah selesai dilakukan. Ada juga antara persetujuan dan proses transfer atau pencairan itu memiliki jeda waktu yang dikatakan lumayan. Intinya, hal paling krusial bagi peminjam adalah antara kapan persetujuan pinjaman disetujui dan dana masuk ke rekening Anda.

Tentunya, pilihlah sesuai dengan kebutuhan mendesak Anda, tapi juga dengan tetap memperhatikan aspek-aspek lainnya.

Hal Penting Dalam Pengajuan Pinjaman Dana Tunai

Fleksibilitas Pengajuan

Pinjaman dana online yang aman juga bersifat fleksibel. Biasanya, bank memiliki jumlah keterbatasan pinjaman tanpa agunan. Contohnya, minimum pinjaman 5 juta rupiah, dengan tenor minimum 6 bulan.

Nah, di fintech online biasanya akan memberi fleksibilitas yang tidak ditawarkan oleh bank. Pinjaman di sana bisa di bawah 5 juta rupiah, bahkan ada yang di bawah 1 juta. Masa pinjaman pun tidak semua harus dicicil, ada yang memberi tenor harian dan pelunasan secara langsung. Selain itu, apabila pelunasan dilakukan sebelum waktunya, tidak akan dikenakan denda seperti di bank.

Fleksibilitas tersebut tentunya menjadi aspek yang perlu Anda pertimbangkan saat akan mengajukan pinjaman dana online, ya. Bandingkan satu fintech dengan yang lainnya, dan lihat mana yang fleksibilitasnya paling baik.

Ada juga fintech yang sudah menyediakan aplikasi yang bisa diunduh, ada juga yang belum. Biasanya, mengajukan pinjaman via aplikasi akan lebih mudah melalui aplikasi. Ini juga sebagai bukti keprofesionalitasan dari fintech tersebut. Jadi, hal ini juga patut Anda pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman dana online.

Aplikasi yang Resmi

Satu hal yang menjadi paling krusial saat mengajukan pinjaman dana online adalah memilih aplikasinya. Sebelum download, pastikan dulu aplikasi yang Anda pilih adalah aplikasi resmi yang sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begini, artinya aplikasi yang Anda pakai sudah mempunyai izin untuk beroperasi dan anti tipu-tipu.

Jangan malas untuk mencari tahu sebanyak mungkin mengenai aplikasi tersebut di internet. Jika perlu, tanyakan pada orang yang sudah punya pengalaman mengajukan pinjaman di sana. Aplikasi yang legal akan mengikuti prosedur mulai dari proses penagihan, suku bunga, dan sebagainya seperti peraturan yang berlaku dan tidak sembarangan.

Perhatikan Ini Setelah Pengajuan Pinjaman Dana Tunai Cair

Nah, bagi Anda yang sudah disetujui dan sudah cair pinjaman dana yang diajukan, maka jangan santai-santai dulu. Anda perlu mengingat beberapa printilan yang juga penting, seperti tiap tanggal berapa jatuh tempo pelunasan atau cicilannya. Juga besaran uang yang dipinjam berikut suku bunganya.

Satu hal lagi yang paling krusial supaya Anda tetap aman adalah membayar pelunasan sesuai jatuh tempo. Biar bagaimanapun, prinsip dari pinjaman online ini sama dengan pinjaman konvensional. Jika sampai telat, akan ada yang terus menagih Anda sampai membayar. Ada juga beberapa fintech yang menerapkan sistem denda bagi nasabah yang telat.

Jadi, untuk keamanan dan kenyamanan Anda sendiri, maka bayarlah pinjaman sesuai jatah tempo yang sudah ditetapkan. Jika selalu lancar, maka catatan Anda akan baik dan bukan tidak mungkin urusan pinjam meminjam uang ini akan lebih mudah lagi ke depannya karena Anda sudah tercatat sebagai nasabah yang dipercaya.

Nah, itu dia beberapa tips aman saat mengajukan pinjaman dana tunai di fintech online. Semoga artikel ini bermanfaat!

ALAMAT KANTOR

Bursa Mobil Kemayoran JL. Industri Raya No.33, Blok S No.1-2 Kemayoran, Jakarta Pusat 10620

No.Telp: (021)-6540725
Email: CS@GADAIMOBILCEPAT.COM

GADAIMOBILCEPAT.COM

Kami merupakan perusahaan pemberian fasilitas pinjaman dana tunai dengan gadai mobil atau gadai bpkb mobil untuk menutupi kebutuhan yang mendesak seperti kesehatan, renovasi, kebutuhan modal usaha, atau kebutuhan konsumtif lainya. Segera dapatkan kredit multiguna jaminan gadai mobil dengan suku bunga ringan, ajukan sekarang !

@2019 GADAIMOBILCEPAT.COM